Masak dan Makan di Sekolah sebagai Sarana Mempererat Hubungan Kekeluargaan


Hari ini (16 November 2014), hari yang cukup seru untuk dilewati di sekolah. Di tengah kerumitan tugas sekolah, laporan keuangan sekolah, laporan administrasi sekolah, dan laporan-laporan lain yang tidak pernah habis-habis, kepala sekolah, bendahara bos, korlak TU, beserta dua guru yang lain dan dua staf TU yang lain seru-seruan masak dan makan di sekolah.

Sebenarnya yang masak hanya seorang saja, yaitu Bu Halimah, guru matematika yang baru saja selesai mengikuti lomba voli antar guru untuk memperingati HUT PGRI. Saya yang seorang laki-laki hanya bisa membantu memotong tempe dan menggorengnya sambil sesekali ngicipi tempe yang sudah digoreng. Di sela-sela proses masak Kepala Sekolah memiliki inisiatif untuk membeli lauk di luar. Akhirnya diperintahkanlah Mas Arif Eksan, si korlak TU yang memiliki akun Joko Tejo di jejaring fb. Berangkatlah dia, mencari lauk sambil di tengah jalan diperintahkan membeli erus (tanting jangan) alias sendok sayur. Begitu pulang dia sudah membawa dadar jagung dan kerupuk, karena ikan nus yang di-request oleh kepsek tidak ada.

Yang membantu masak adalah Pulung Agus W, si staf TU yang hobinya mbedil, padahal gak jelas apa yang mau dibedil. Setelah semuanya masak, sayur bayam dan jagung, goreng tempe, ditambah kerupuk, plus sambal yang diminta oleh Mas Arif dari pedagang dadar jagung. Lengkap sudah….

Di tengah proses makan hadirlah Bu Dhenok yang baru selesai kulakan minuman untuk dijual di kopsis, maklumlah dia selain sebagai pengajar Prakarya juga diamanahi tugas mengelola Kopsis. Bu Dhenok ini menjadi Menteri UKS (Menteri Urusan Koperasi Siswa <- ini istilah saya sendiri) di SMP PGRI Jenggawah. Bu Denok datang bersama Mbak Isti, yang staf TU yang ditugaskan menjaga Perpus Sekolah.

Sayang sekali Bu Halimah, si koki hari ini tidak bisa menemani kami semua makan karena harus segara pulang. Beliau beralasan bahwa sudah ditunggu oleh keluarga di rumah. Salut untuk Bu Halimah, beliau bisa membagi waktu untuk membantu kami yang sedang lembur di sekolah dengan menyediakan makanan, tetapi juga tidak meninggalkan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu di rumah. Sering-sering Bu masak di sekolah. Kalau ada bu Halimah masak pasti makanan tidak membosankan. Sebelumnya masakan yang bisa dan biasa dimasak oleh Pak Mursid (Bendahara) adalah telur dadar.  Agar lebih sedap biasanya ditambahkan kecap. Paling pol lauk yang lain adalah mie goreng atau nasi digoreng, itupun dengan bumbu minimalis.

Orang yang patut diberi ucapan terima kasih hari ini adalah Bu Denok. Meskipun baru datang dan tidak ikut makan (dalam artian makan nasi) dia mau membantu mencuci piring. Bu Denok ‘hanya’ mencicipi sayur jagung muda yang tidak dimakan oleh orang-orang. Orang-orang yang makan hanya mengambil bayamnya saja. Akhirnya, Bu Denoklah yang sukses menghabiskan jagung di wajan. Tak dungakne bu, ndang lemu. Mosok cungkring ngunu. Hewhehe.

Keakrabanlah yang penting dalam proses masak dan makan itu….

Gak percaya coba nih intip Dapur SMP PGRI Jenggawah.

Pulung Masak (nggoreng tempe)

Masak sambil Malangkerik

 

Mas Pulung, Staf TU membantu Bu Halimah menggoreng tempe. Meski digojloki akhirnya dia sukses berjuang menggoreng tempe.

Bu Halimah Masak, Pak Budi Makan

Pak Budi sudah Tak Sabar

Sementara Bu Halimah masih finishing masakannya, Pak Budi (Kepsek) sudah siap menyantap makan siang ini. Mungkin beliau BBL (Benar-benar Lapar) atau masakan kala itu bebenar enak. Hehehehe

 

Tempe Goreng

Tempe Goreng serasa Fried Chicken

Bagaimana tidak tergoda coba, tempenya semenarik itu… Apalagi di siang hari ketika perut keroncongan…

Goreng Tempe

Tempe Goreng Jangan Bening

Hayo tebak… ini tangan siapa….

Kejadian ini terjadi di SMP PGRI Jenggawah.

Semoga kerukujan tetap terjaga demi menciptakan suasana sekolah yang asyik yang ujungnya demi kebaikan siswa juga.

Apakah sekolahmu seseru ini???

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s