Klarifikasi Pelaku JFC atas Opini di Radar Jember (2/10) 2013


Di bawah ini saya kutip penuh surel (e-mail) yang dikirim salah seorang aktivis JFC, menanggapi tulisan saya yang dimuat Radar Jember. Saya selaku pribadi (bukan atas nama organisasi yang saya tulis di koran) meminta maaf kepada para pembaca Radar Jember masyarakat Jember, khususnya para pelaku JFC. Tulisan ini saya buat sekaligus untuk meluruskan informasi yang -mungkin- sesat dalam opini yang saya tulis di koran. Mohon permakluman semua pihak.

Assalamualaikum..

saya adalah salah seorang pelaku Jember Fashion Carnaval. Ada beberapa hal yang ingin saya klarifikasi berkaitan tulisan anda di Radar Jember tadi pagi..

Pertama.. JFC pada tahun ini mengangkat tema ” ARTECHSION ” , gabungan ART , TECHNOLOGY ,dan FASHION. bukan ” tren fashion dunia ” seperti yang anda tulis

kedua.. Tema JFC, dari dulu awal sampe skrg, tidak pernah hanya menampilkan budaya daerah lain di tiap tahunnya,tapi selalu ada tematik lain seperti SPIDER, TSUNAMI,WORLD CUP, POVERTY, dll.. dari 10 tema tiap tahunnya selalu hanya 2-3 yang bertemakan unsur budaya lain,lainnya adalah tema isu sosial dan tematik obyek tertentu. so, ini budaya lama kah ??

ketiga.. JFC tidak menampilkan busana daerah seperti busana daerah yg biasa. JFC melakukan inovasi dengan tingkat kreativitas yg tinggi.

keempat.. mengapa JFC mengankat tema budaya daerah lain ? .. ini alasannya,adakah pakaian daerah asli jember ? adakah budaya asli jember ? jika ada mohon di email ke saya.. JFC ingin menampilan sisi kreatif dengan memodifikasi kostum bertemakan daerah lain,sehingga orang mancanegara yg dtg kmari smakin bangga krn pkaian daerahnya menjadi lbh fantastik di tangan JFC. justru klo pkaian daerahnya itu2 aja org ga akan datang untuk melihat, membosankan.. event JFC ini dirancang untuk ratusan tahun kedepan,apabila hanya menggunakan budaya lokal maka bsa dibayangkan betapa bosannya turis2 asing melihat hal2 itu saja selama ratusan tahun..

kelima.. jika anda butuh data tentang tamu mancanegara atau dr daerah lain yg valid,bisa menghubungi saya..saya akan beri soft copynya..

keenam.. tema2 seperti tembakau,perkebunan,mungkin bisa anda temukan di JCC yang lebih menampilkan ciri khas jember.

itulah sebagian konfirmasi kami. saya harap mas bisa lebih belajar mendetail dulu tentang JFC. saya siap untuk di ajak berdiskusi. terima kasih kritikannya. mari bersama-sama membangun jember.

wassalam

2 thoughts on “Klarifikasi Pelaku JFC atas Opini di Radar Jember (2/10) 2013

  1. po’o tuLisanmu..??
    aku ndak Langganan koran seh, heee..

    terus piye amu nanggepi sureL iku, pak..??

Tinggalkan Balasan

