Cara Mencari Tema dalam Fiksi


Tema adalah gagasan pokok yang mendasari cerita. Sehingga setiap cerita mengacu pada gagasan pokok tersebut.
Cara menafsirkan tema (Robert Stanton dalam Kusnadi, 2010:11-12)
1. Penafsiran sebuah tema dalam karya fiksi mestinya mempertimbangkan setiap detail dalam cerita (utamanya yang menonjol).Parameter ini merupakan yang paling urgen. Sebab, identifikasi terhadap persoalan yang menonjol dalam cerita fiksi, umumnya menunjukkan bagaimana cerita itu dikembangkan melalui konflik-konflik yang dibangun pengarang. Karena itu, detail-detail ituakan mencakup pada pusaran masalah utama. Sebuah muara cerita yang harus diseliai dan ditelusuri secara intensif.
2. Penafsiran tema dalalm karya fiksi mestinya tidak bersifat bertentangan dengan tiap detail cerita. Fakta-fakta dan peristiwa yang diangkat pengarang yang baik, tidak akan memberikan detail bertentangan dan saling kontradiksi dalam menjalin kebulatan tema. Namun, pertentangan yang dikemukakan, biasanya mencakup persoalan tarik-menarik antara dua permasalahan yang justru mengukuhkan fungsionalitas tema utama.
3. Penafsiran tema mestinya tidak berdasarkan pada bukti-bukti yang kurang akurat (tidak baik penyajiannya) baik langsung maupun tidak. Sebab tema cerita memang tidak bisa hanya mendasarkan pada perkiraan pembaca saja, sebaliknya harus melalui proses kajian yang intensif.
4. Penafsiran tema dalam karya fiksi mestinya mendasarkan pada bukti-bukti yang secara langsung ada di dalam cerita. Parameter ini mempertegas bahwa penetapan tema haruslah didasarkan pada bukti-bukti yang ada dalam cerita itu, baik langsung maupun tidak. Kesimpulan yang diambil karenanya tidak boleh bertentangan dengan bukti dan fakta-fakta yang ada.

Kasnadi & Sutedjo. 2010. Kajian Prosa: Kiat Menyisir Dunia Prosa. Ponorogo: P2MP Spectrum dan Pustaka Felicha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s