Tentang Mengeluh dan Melenguh


Mengeluh dan melenguh memiliki perbedaan dan persamaan. Persamaan yang pertama adalah dari segi pengujaran memiliki bunyi yang hampir sama. Hanya memiliki perbedaan tempat antara konsonan /l/ dan semi konsonan /ng/. perbedaan selanjutnya adalah, melenguh sebagai kata kerja biasanya dilakukan oleh hewan, khususnya sapi. Sementara ‘mengeluh’ adalah kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh kita, manusia.
Perbedaan dan persamaan di atas hanya didasarkan dari segi fonem dan pegujarnya. Meskipun, fonem merupakan bagian terkecil bahasa. Dan yang disebut bahasa adalah, bunyi ujar yang dihasilkan oleh alat ujar manusia. Jadi, ujaran melenguh yang dilakukan oleh sapi tidak termasuk dalam kajian bahasa. Tapi, melenguh sebagai kata bisa dikaji dalam ilmu bahasa.
Kembali ke sapi, kenapa saya menggunakan sebagai contoh, kenapa bukan kerbau? Alasannya adalah karena kerbau memilki nama lain atau ‘alias’. Yang memiliki nama banyak biasanya adalah teroris. Anda tahu nama lain kerbau? Sibuya. Kerbau alias Sibuya. Itulah alasan saya mencatut nama Sapi dalam tulisan ini. Saya rasa Sapi tidak akan marah meskipun namanya saya gunakan disini. Dia tidak akan menuntut saya dengan tuduhan mencemarkan nama baik. Kecuali jika saya gunakan nama ‘Sapi’I’.
Apakah Anda tahu, ternyata melenguh lebih baik daripada mengeluh. Melenguh, yang biasanya dilakukan oleh sapi dilakukan ketika sapi tidak melakukan sesuatu. Ketika bekerja sapi tidak melenguh. Berbeda dengan manusia, belum bekerja biasanya mengeluh dulu, khususnya mahasiswa. Ketika diberi tugas oleh dosen, sebelum mencoba mengerjakan tugas tersebut kita sudah mengeluh (minimal dalam hati jika takut pada dosen yang bersangkutan). Termasuk saya sendiri, masih lebih banyak mengeluh daripada berusaha.
Dari analisis yang asal-asalan di atas, menurut Anda siapa yang lebih baik antara manusia dan sapi? Mari kita berusaha sekuat tenaga terlebih dulu atas semua tugas yang harus kita selesaikan, jangan terlebih dulu melenguh eh mengeluh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s